SMAGALAPAK: INOVASI GURU INFORMATIKA MEWUJUDKAN WIRAUSAHA DIGITAL DI SMA NEGERI 3 PURWOKERTO
TAUFIQ ARIEFIANTO, S.Pd - Guru Informatika – SMA Negeri 3 Purwokerto

Keterangan Gambar : Gambar Kolase Tampilan smagalapak.sman3pwt.sch.id (Dok. Pribadi)
BEST PRACTICE ANUGERAH GURU PRIMA TINGKAT NASIONAL 2025
OLEH : TAUFIQ ARIEFIANTO, S.Pd
GURU INFORMATIKA - SMA NEGERI 3 PURWOKERTO
SMAGALAPAK: INOVASI GURU INFORMATIKA MEWUJUDKAN WIRAUSAHA DIGITAL DI SMA NEGERI 3 PURWOKERTO
A. SITUASI
Perkembangan teknologi informasi telah mengubah cara belajar, bekerja, dan berwirausaha. Sekolah kini tidak hanya menjadi tempat transfer ilmu, tetapi juga ruang tumbuh kreativitas dan inovasi digital untuk mendukung delapan dimensi profil lulusan.
Sebagai guru Informatika di SMA Negeri 3 Purwokerto, saya melihat peluang pembelajaran mendalam yang memadukan teknologi, kewirausahaan, dan Kecerdasan Artifisial (KA).
Dari gagasan tersebut lahirlah Smagalapak, platform e-commerce berbasis sekolah yang menjadi Project-Based Learning untuk pembelajaran mendalam dan KA. Program ini menumbuhkan kemampuan berpikir komputasional, etika digital, kolaborasi lintas mata pelajaran, serta komunikasi yang mendukung delapan dimensi profil lulusan.
B. TANTANGAN
Tantangan yang muncul di antaranya:
-
Keraguan awal dari guru dan murid terhadap ide e-commerce sekolah, baik secara teknis maupun mental.
-
Keterbatasan sumber daya, terutama kemampuan desain web, pengelolaan data, dan keamanan siber.
-
Literasi digital dan KA yang masih rendah; sebagian murid hanya sebagai pengguna pasif.
-
Kolaborasi internal dan eksternal yang menuntut komunikasi intensif antar guru, murid, dan masyarakat.
Tantangan-tantangan ini menjadi pijakan untuk membangun ekosistem belajar yang adaptif serta menumbuhkan budaya belajar baru di sekolah.
C. AKSI
Berikut enam langkah strategis yang dilakukan:
1. Pembentukan Tim Smagalapak
Melibatkan guru lintas mata pelajaran dan murid sebagai pengembang web, pembimbing pemasaran digital, dan fasilitator komunikasi publik.
2. Riset dan Pembelajaran Mandiri Berbasis KA
Murid mempelajari algoritma sederhana dan menganalisis situs e-commerce untuk memahami struktur data dan rekomendasi produk. Aktivitas berpikir komputasional diterapkan melalui proyek dengan HTML.
3. Workshop dan Kolaborasi dengan Praktisi Industri Digital
Mengundang pelaku UMKM dan praktisi KA untuk memberikan pelatihan tentang bisnis digital beretika. Murid diajak menggunakan teknologi KA untuk desain promosi secara etis dan orisinal.
4. Pembuatan dan Peluncuran Website Smagalapak
Website resmi: smagalapak.sman3pwt.sch.id
Diluncurkan dengan fitur unggah produk, katalog digital, dan transaksi berbasis data sederhana.
5. Integrasi dengan Pembelajaran Mendalam di Kelas
Smagalapak diintegrasikan ke berbagai mata pelajaran. Murid melakukan refleksi pembelajaran dengan guru sebagai fasilitator.
6. Refleksi dan Evaluasi Berkelanjutan
Penilaian dilakukan dengan rubrik kemampuan individu dan kolaborasi murid.
D. HASIL
Hasil capaian nyata:
-
Bagi Murid: menjadi kreator dan inovator digital; meningkatnya literasi digital, kolaborasi, serta jiwa wirausaha.
-
Bagi Guru: semangat kolaborasi lintas mapel dan adopsi teknologi KA dalam pembelajaran.
-
Bagi Sekolah: menjadi pelopor inovasi digital berbasis KA di Banyumas.
-
Bagi Masyarakat: pelaku UMKM terbantu dalam promosi digital.
Survei terhadap 100 siswa menunjukkan peningkatan rata-rata 38–39% pada indikator literasi digital dan motivasi belajar. Sementara motivasi guru untuk berinovasi mencapai 87%.
E. REFLEKSI / DAMPAK DIRI
Proyek Smagalapak mengubah peran saya dari sekadar penyampai materi menjadi fasilitator pembelajaran mendalam. Murid kini memahami tidak hanya bagaimana teknologi bekerja, tetapi juga mengapa dan untuk apa mereka menggunakannya.
Gambar 11. Murid Mengakses Smagalapak (Dok. Pribadi)
Kolaborasi lintas mapel memperluas jejaring dan menumbuhkan semangat gotong royong antar guru. Melalui MGMP Informatika dan workshop guru, pengalaman ini saya bagikan agar dapat direplikasi sekolah lain.
Smagalapak kini dikembangkan menuju versi 2.0 dengan fitur analitik berbasis KA agar murid memahami konsep machine learning secara kontekstual.
Gambar 12. Antar Muka Website smagalapak.sman3pwt.sch.id (Dok. Pribadi)
LAMPIRAN PENDUKUNG
1. Link Portofolio Digital
https://smagalapak.sman3pwt.sch.id/
https://pkks.sman3pwt.sch.id/
https://www.kompasiana.com/babehopiq762600
https://babehopiq76.blogspot.com/
https://eltafamstudio.com/
https://www.bumdeskaryamajupasirwetan.biz.id.sman3pwt.sch.id/
https://sites.google.com/guru.sma.belajar.id/portofolioagp2025taufiqar/halaman-muka
https://bumdeskaryamaju.my.canva.site/portofolio-agp2025-taufiq-ariefianto
https://sman3pwt.sch.id/
https://trivismagz.sman3pwt.sch.id/
https://youtube.com/@76taufiq?si=MPm_BHuLWLVJhHPW
2. Testimoni
Disertakan testimoni dari berbagai pihak — guru, kepala sekolah, dosen, hingga siswa dan alumni — yang menegaskan dampak nyata program Smagalapak terhadap literasi digital, kewirausahaan, dan karakter pelajar.
(Beberapa di antaranya: Prof. Dr. Achmad Buchori, M.Pd; Joko Budi Santosa, M.Pd; Elya Tati Subarkah, S.Pd; dan siswa SMA Negeri 3 Purwokerto.)
3. Integrasi dengan Kurikulum Merdeka dan Delapan Dimensi Profil Lulusan
a. Keterkaitan dengan Capaian Pembelajaran Informatika
-
Berpikir Komputasional: siswa merancang algoritma dan struktur data.
-
Literasi Digital & KA: memahami cara kerja KA dalam promosi etis.
-
Etika Digital: menjaga keamanan data dan tanggung jawab digital.
b. Delapan Dimensi Profil Lulusan
Dimensi Implementasi
| Kreativitas | Siswa menciptakan konten promosi digital berbasis KA |
| Kolaborasi | Sinergi lintas mapel Informatika, Ekonomi, Geografi, Bahasa, dsb |
| Penalaran Kritis | Analisis data penjualan untuk strategi digital |
| Kemandirian | Mengelola toko digital secara profesional |
| Komunikasi | Promosi produk lokal secara digital global |
4. Panduan Etika Data Smagalapak
-
Menjaga kerahasiaan data pengguna.
-
Data transaksi hanya untuk pembelajaran, bukan komersial.
-
Konten promosi wajib mencantumkan sumber data.
-
Audit keamanan data dilakukan setiap akhir semester.
5. Rencana Keberlanjutan dan Replikasi Program 2025–2027
Tahun Target Kegiatan Kolaborator Hasil yang Diharapkan
| 2022–2025 | Pengembangan Smagalapak 2.0 (KA Analitik Penjualan) | Tim Siswa & Guru Informatika | Website dengan fitur analisis prediktif sederhana |
| 2026 | Replikasi di 10 Sekolah Sekitar | MGMP Informatika | 10 sekolah mengadopsi model proyek digital |
| 2027 | Smagalapak Learning Center Banyumas | Dinas Pendidikan & Komunitas UMKM | Workshop tahunan bagi guru dan pelaku usaha digital |
(Lampiran tambahan: SK Penetapan, Surat Keterangan Kepala Sekolah, Surat Pernyataan Keaslian, Kolase Piagam & Sertifikat Kegiatan)
PENUTUP
Smagalapak adalah bukti bahwa guru Informatika dapat berperan sebagai agen perubahan — menggerakkan pembelajaran mendalam, mengintegrasikan teknologi, dan menumbuhkan jiwa wirausaha digital di lingkungan sekolah.
Program ini tidak hanya menciptakan siswa cerdas teknologi, tetapi juga berkarakter, kolaboratif, dan kreatif dalam menghadapi era kecerdasan artifisial.







